Author Archives: zitie89

Cara Membuat Lumpia Isi Rebung Renyah dan Mudah

Sahabat pasti sudah tidak asing dengan yang namanya lumpia ini. Disini nanti kita akan sharing bagaimana cara membuat lumpia yang gurih, kriuk kriuk dan lezat.

Makanan khas semarang ini memang terkenal karena rasanya yang enak dan gurih. Apalagi pas musim hujan begini kalau di sekitar rumah kita ada pohon bambu pas banget, yup, tunas bambu atau yag biasa kita sebut rebung adalah bahan isi lumpia khas semarang yang tersohor itu. Tapi jagan khawatir jika sahabat  agak sulit mendapatkan rebung, karena isi lumpia sendiri bisa kita kreasikan, mulai dari isi sayuran,  isi soun atau daging cincang, semuanya  dijamin mantap.

cara membuat lumpia

Makanan mirip risoles ini juga mudah kita jumpai karena banyak dijual penjaja makanan tradisional . Rasanya yang enak dan tentu saja harganya murah meriah membuat lumpia sering diburu pecinta makanan.

Tapi kalau lagi ada waktu senggang di rumah saya suka membuat sendiri lumpia favorit saya, selain mudah, bahannya pun juga nggak sulit kita dapatkan dan yang terpenting, kita bisa mengasak keterampilan kita memasak  sambil berkreasi.

Hal yang perlu diperhatikan  saat membuat lumpia adalah saat membuat kulitnya. Meskipun terlihat mudah tapi kita harus perhatikan benar takaran air saat membuat adonan kulit. Karena jika terlalu kental, maka nantinya kulit  lumpia akan terlalu tebal, dan jika tidak matang benar, bisa jadi akan membuat kulit mudah pecah  atau robek saat digulung. Begitupun jika adonan terlalu encer, kulit akan jadi tipis dan saat diisi akan mudah robek, dan isi tidak tertutup sempurna sehingga saat digoreng akan menimbulkan cipratan minyak.

Cara Membuat Lumpia Isi Rebung

Nah, bagi sahabat yang penasaran dan ingin mencoba berkreasi membuat lumpia  sediri, berikut adalah resepnya.

Bahan kulit lumpia

  • Tepung terigu 250 gr (aku pakai tepung terigu segitiga biru)
  • 2 butir telur
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Air secukupnya
  • 2  sdm minyak goreng

Bahan isi

  • Rebung 300 gr
  • 100 gr daging ayam, cincang halus
  • 1 buti telur kocok lepas
  • Gula merah secukupnya
  • 4 sdm gula putih
  • Bumbu yang dihaluskan:
  • 5 siung bawang putih
  • 10 biji lada, bisa ditambahkan pala sedikit sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Seperempat siung bawang Bombay iris halus

Langkah membuat lumpia:

  • Kita buat dulu kulit lumpia
  • Langkah pertama kocok telur, kemudian masukkan terigu lalu beri air, masukkan garam dan bumbu penyedap.
  • Aduk menggunakan mixer kurang lebih 3 menit
  • Masukkan 2 sdm minyak goreng.
  • Diamkan sekitar 15 menit
  • Panaskan Teflon yang sudah diolesi minyak goreng, ambil satu sendok sayur adonan kulit kemudian tuang ke Teflon,masak dengan api kecil sampai pinggiran kulit terlihat kering dan kecoklatan.
  • Lakukan sampai adonan kulit habis.

Sekarang kita buat isiannya.

  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum
  • Masukkan rebung,  daging  cincang, lalu beri garam, gula pasir, gula merah dan penyedap rasa.
  • Kemudian beri sedikit air
  • Masukkan telur yang sudah dikocok. Aduk sampai air kering, angkat dan biarkan dingin dulu
  • Ambil kulit lumpia yang sudah siap isi dengan adonan isi,  kemudian gulung dan lipat, rekatkan dengan kuning telur
  • Goreng dengan minyak panas sampai kuning kecoklatan, lalu angkat dan tiriskan
  • Sajikan hangat dengan saus atau cabe rawit

Nah bagaimana sahabat, mudah bukan cara membuat lumpia ini.  Membuat sendiri untuk keluarga tentu ada kepuasan tersendiri. Lumpia rebung khas semarang ini sagat cocok disajikan hangat sebagai teman minum saat berkumpul bersama keluarga. Apalagi saat musim hujan begini sore sore pas banget tuh. So selamat mencoba.

Cara Membuat Bakwan Sederhana Garing Krenyes Krenyes

Bakwan adalah salah satu macam gorengan yang   sangat popular dan familiar bagi sebagian besar orang indonesia, rasanya  enak, garing di luar namun tetap lembut di dalam. Apalagi bahan nya yang terdiri dari berbagai macam sayuran yang sehat membuat bakwan cocok dikonsumsi siapa saja.  Biasanya di pinggir jalan kita akan dengan mudah menemukan berbagai macam gorengan yang salah satunya wajib ada adalah bakwan. Komposisinya yang beragam da hargaya yang murah meriah membuat gorengan yang satu ini bayak peminatnya.

cara membuat bakwan

Tapi kalau bisa buat sendiri pati akan lebih baik selain dari segi kkebersihan yang terjaga, ada kepuasan tersendiri saat kita bisa menyajikan makanan yag kita olah dengan tangan kita sendiri, kebetulan pas buka kulkas aku nemu sayuran untuk sayur sop yaitu wortel, kbis da daun bawang yang aku beli kemarin tapi belm sempet dimasak. Terlintas kenapa aku nggak buat gorengan saja. Tinggal menambahkan beberapa bahan lagi dan aku sudah bsa membuat makanan yang bisa kusajikan buat keluarga sebagai teman noto tv .

Cara Membuat Bakwan Garing Sederhana

Bagi sahabat yang juga ingin mencoba membuat bakwan sayur kreasi sendiri,Berikut adalah cara membuat bakwan aneka sayur.

Bahan bahan yang diperlukan antara lain:

  • Setengah kiloTepung terigu (aku memakai terigu cakra agar hasilnya lebih baik)
  • Sayuran seperti wortel, kubis, daun bawang, taoge, jagung, atau pilih sayuran lain sesuai selera.
  • 3 sdm tepung beras
  • 1 butir telur
  • Penyedap rasa secukupya
  • 2 batang daun seledri

Bumbu yang dihaluskan antara lain:

  • 4 siung bawang putih
  • Merica secukupnya
  • 2 siung bawang merah
  • Garam secukupnya

Bila sahabat suka bisa ditambahkan sedikit pala untuk memperkuat rasa

Cara membuat bakwan sayur

– Rajang sayuran kubis, untuk wortel iris memajag seukuran  korek api, iris haus daun bawang, dan daun seledri,  juga jagung dan taoge. Lalu cuci bersih sayuranya

– Campur tepng terigu da tepug beras kemdian beri air, usahakan jangan terlalu ecer

– Masukkan sayuran yang sudah dicuci tadi

– Masukkan bumbu ang dihauskan beri penyedap rasa seckupnya masukkan telur yang sudah dikocok lepas. Kemudian aduk adonan hingga tercampur rata da megental

– Panaskan wajan dengan minyak goreng berkualias baik (kualtas myak goreng dpat mempengaruhi hasil goregan, semakin baik kulitasnya, maka  minyak tidak akan banyak terserap, sehingga hasil gorengan bisa garing dan tidak bermiyak)

– Ambil satu sendok sayur kecil penuh adoan kemudia masukkan ke wajan yang minyaknya sudah panas. Lakuka sampai adonan habis

– Goreng bakwan dengan api sedang hinnga kunng kecolatan. Hindari memkai api yang besar karena bakwan akan cepat berwarna coklat padahal bagan dalam bakwan belum matang)

– Angkat sajikan hangat.

Nah bagaimana sahabat cukup mudah bukan. Selain bahan yang diperlukan mudah di dapat bakwan juga sangat mudah di reasikan. Kita bisa menggati sayuran di atas  ssuai selera kita misalnya jagung bisa kita gati dega tahu putih.

Cara membuat bakwan di atas bisa sahabat praktekkan di rumah untuk disajikan bagi keluarga tercinta akan lebih nikmat jika disajikan hagat sebagai teman minum teh. bisa juga dilaengkapi dengan medoan atau tahu isi, maka acra berkumpul keluarga akan jadi lebih seru
Demikian cara embuat bakwan sayur, semoga beranfaat dan selamat mecoba.

Kreasi Cara Membuat Lilin Hias Sederhana

Lilin menjadi salah satu penerangan yang banyak digunakan pada jaman dahulu, setelah datangnya listrik lilin hanya digunakan sebagai media penerangan darurat ketika terjadi pemadaman secara mendadak. Namun tetap saja masih banyak kegunaan lilin, salah satunya sebagai aroma terapi yang bisa menenangkan. Sekarang ini banyak orang menggunakan lilin hias sebagai media penerangan sekaligus mempercantik ruangan, agar mendapatkan lilin hias sesuai dengan keinginan akan lebih baik jika anda membuatnya sendiri, karena memang cara membuat lilin hias tidaklah sulit dan memakan waktu lama, bahkan anda bisa membuat sendiri lilin hias tanpa bantuan dari orang lain.

Cara Membuat Lilin Hias Sederhana

Pembuatan lilin hias tidak akan memakan banyak waktu dan membutuhkan keahlian khusus, bahkan anda bisa mempelajari cara membuat lilin hias sambil membuatnya karena memang sangat praktis. Ada beberapa cara dalam pembuatan lilin hias, anda bisa memilih salah satunya yang lebih mudah dan bisa anda lakukan.

Ada beberapa cara dalam pembuatan lilin hias, anda bisa memilih salah satunya yang dianggap paling mudah, ini salah satu cara membuat lilin hias, pertama anda membutuhkan beberapa bahan dan juga alat alat dalam pembuatannya.

Alat alat yang akan anda perlukan sebagai berikut :

  • kompor.
  • Panci yang terbuat dari bahan stainless steel, ukurannya tergantung dari banyak atau sedikit pembuatan lilin hias.
  • Pengaduk dari bahan kayu.
  • Cetakan, bisa menggunakan cetakan ukuran dan bentuk apapun namun usahakan tidak dari bahan plastic karena ditakutkan akan meleleh.

Bahan 

Bahan bahan yang harus dipersiapkan dalam pembautan lilin hias, sebagai berikut :

  • Sumbu, jumlahnya di sesuaikan dengan banyaknya lilin yang akan dibuat.
  • Plastisin atau isolasi, usahakan dari bahan tahan panas dan berwarna bening.
  • Parafin dan stearin, jumlahnya disesuaikan dengan jumlah lilin yang akan dibuat.
  • Pewarna, jumlah dan warna bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Manik manic dan pasir berwarna, gunakan sebagai hiasan.

Cara pembuatan:

Langkah selanjutnya dalam cara membuat lilin hias adalah proses pembuatannya, ini yang menjadi titik penting apakah nantinya lilin bisa jadi dengan sempurna atau tidak. Berikut ini tahapan yang anda harus ikuti dengan baik dan berurutan :

– Panaskan parafin padat hingga meleleh, jumlahnya harus anda perhatikan agar bisa cukup dalam cetakan nantinya.

– Tambahkan stearin ke paraffin yang sudah menjadi cairan, aduk hingga merata. Untuk pertandingan percampuran antara paraffin dan stearin adalah 1 : 2, hasil lilin akan lebih baik jika memperbanyak stearing agar lilin hias bisa mengeras dengan sempurna.

– Campurkan pewarna, agar lilin tidak hanya berwarna putih, untuk takaran bisa anda sesuaikan dengan melihat tampilan cairan.

– Setelah campuran stearin dan paraffin tercampur, matikan kompor dan diamkan sejenak tetapi jangan sampai kering nanti akan mengeras.

– Persiapan cetakan yang telah diberi sumbu menghadap ke atas, pada bagian dasar rekatkan dengan menggunakan isolasi atau plastisin.

– Tuangkan campuran stearin dan paraffin ke dalam cetakan, tunggu hingga beberapa menit atau lilin mengeras, kemudian taburkan pasir warna dan juga manic manic sebagai aksesories tambahan.

Catatan tambahan dalam cara membuat lilin hias, jika anda menggunakan cetakan berbahan plastic pasti akan lebih sulit untuk melepaskan, jangan dipaksa nanti akan timbul retakan atau patahan. Cara melepaskan cetakan yang benar dengan di diamkan pada lemari pendingin, ini akan membuat lilin terpisah dengan cetakan dengan sendirinya. Jika sumbu tidak bisa menyala dengan terang, sebelum digunakan lebih baik untuk merendam dalam air garam selama 3 jam dan keringkan sebelum digunakan.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan cara membuat lilin hias dengan tehnik di atas? Ini bisa anda lakukan sendiri dan mulai berkreasi membuat lilin sehingga tidak akan sama seperti yang dijual pasaran, namun harus anda perhatikan alat alat yang telah digunakan membuat lilin lebih baik tidak digunakan untuk memasak karena mengandung beberapa bahan kimia.

Cara Membuat Sambal Terasi Super Mudah Dan Lezat

Sambal adalah golongan saus dengan bahan utamanya adalah cabai yang dihaluskan, biasanya diulek sehingga keluar sari cabai yang berasa pedas.Biasanya sambal ini ditambah dengan bahan bahan lain seperti garam bawang putih, bawang merah kemiri  atau terasi dan berfungsi sebagai pelengkap makanan, bisa nasi atau makanan lain.

Lidah orang Indonesia sendiri sangat idetik dengan makanan yang pedas. Mayoritas masyarakat idonesia sangat menggemari makanan satu ini sehingga ada istilah tidak makan kalau tak pakai sambal. Karena itu sambal menjadi salah satu menu wajib yang harus dihidangkan di meja makan setiap rumah. Sambal sendiri sangat beragam macam dan jenisnya. Hampir disetiap daerah di Nusantara mempunyai sambal khas masing masing. Sambal sendiri sangat banyak macamnya. Makanan ini sangat mudah kita kreasikan karena banyaknya bahan yang bisa diolah menjadi sambal ini. Diantara banyaknya macam sambal yang paling popular atara lain sambal korek, sambal tomat dan sambal terasi

cara membuat sambal terasi

Nah pada kesempatan ini saya ingin membagikan resep bgaimana cara membuat sambal terasi yang enak terasi sendiri adalah bahan makanan yang terbuat dari capuran udang rebon dan garam. Sambal terasi sendiri sangat popular karena rasa dan aroma dari terasi yang sangat khas. Sambal terasi juga bisa dimasak dengan berbagai macam variasi, kalau di sunda kita akan jumpai sambal terasi yang diolah mentah, atau pun yang digoreng khas daerah jawa. Selain sebagai teman makan nasi, sambal terasi juga cocok dijadikan cocolan untuk makan gorengan semisal tahu, mendoan bahkan kerupuk.

Cara Membuat Sambal Terasi Tomat

Cara membuat sambal terasi yang  enak ternyata sangat mudah, bahan yang dibutuhkan pun mudah didapat.   dan tidak memerlan waktu yang lama untuk membuatnya jadi meskipun kita sibuk dengan kegiatan kita, sahabat tetap bisa menyajikan sambal terasi untuk disajika bagi keluarga tercinta.
Resep dan cara membuat sambal terasi yang enak dan sederhana.

Bahan sambal terasi:

  • 15 buah cabe rawit merah
  • 9 buah cabe merah ukuran besar
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 bungkus kecil terasi (saya menggunakan terasi sachet kecil)
  • 1 sendok mkan gula jawa
  • 1 buah tomat
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupya untuk menumis

Cara membuat sambal terasi

  • Cuci bersih cabe rawit, cabe merah besar, bawang merah dan bawang putih
  • Potong potong cabe merah besar  dan tomat menjadi kecil. Iris kasar bawang putih dan bawang merah, supaya dalam proses menggorengnya tidak memerlukan watu lama.
  • Siapkan wajan untuk menggoreng, tuangkan minyak goreng, tunggu hingga panas
  • Jika minyak telah panas masukkan cabe rawit, cabe merah,bawang pitih , bawang merah, tunggu agar agak layu dam harum, jika sudah layu, masukkan tomat. Goreng hingga bahan bahan matang.
  • Bakar teras hingga tercium bau terasi yang khas
  • Siapka cobek, masukka sema bahan yang tadi di goreng, terasi , tambahkan garam, gula  jawa. Ulek hingga halus
  • Sambal terasi siap dihidangkan.
  • Bagaiman sahabat, sangat mudah bukan cara membuat sambal terasinya. Dan tentu saja rasanya dijamin nikmat. 

Sambal terasi ini sagat cocok dijadika teman makan nasi bersama lalapan seperti kemangi, timun, atau yana lain. Jangan lupa  bakar dahulu terasi yang akan digunakan, agar aromanya semaki kuat da tentu saja sambal terasi akan semakin nikmat

Sahabat demikian resep cara membuat sambal terasi dari saya, selamat mecoba.

Baca juga:

Selamat berkreasi.

13 Daftar Manfaat Daun Sirih Merah dan Biru untuk Tubuh

Sekarang lagi jaman sakit flu nihh, aku juga kena radang, sakit banget loo, kadang nggak bisa menelan makanan dan juga nafsu makan jadi hilang. Tetapi aku juga punya solusi loh dengan menggunakan daun sirih. Manfaat daun sirih sangat banyak, salah satunya untuk mengatasi radang tenggorokan saya. Cekidot deh.

Daun Sirih! Tanaman yang biasa banyak diadikan tanaman rambat dirumah ini dan juga sering digigit sama emak emak itu ternyata adalah salah satu obat tardisional loh! Bagi infosaja buat yang belum tahu sih. Kalau ngeliat tanaman rambat dirumah rumah kadang kita mikir, ih masak itu bagus buat kesehatan sih? nggak percaya aku, paling Cuma buat pajangan doang.

Salah banget kalau pemikiran kakak kayak gitu! Daun sirih banyak banget lo manfaatnya, kalau kita lihat oma oma yang sering ngunyah sirih giginya tetep putih itu karena ada suatu kandungan dalamnya yang menjaga gigi tetap sehat serta mengobati sakit gigi, menghilangkan bau mulut dan satu yang pasti. Menghilangkan sariawan. Kalau menurut kakak sariawan itu penyakit yang sepele, mari jangan kita sepele kan. Kakak tahu jika kakak terkena sariawan dilidah sakitnya bakal luar biasa MANTAP. Jadi susah makan dan nelen, penyiksaan tersendiri gitu.

Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah Untuk Kecantikan

1. Mengobati luka bakat

Kalau penyakit diluar tubuh berguna buat penyakit luka bakar lo, ini nih kalau kita nonton film orang dihutan lalu ada daun yang di taro diatas luka digigit binatang atau abis kebakaran lalu pemeran utamanya kena luka bakar kemudian nyasar gitu entah berantah (biasa ke desa) dikais hijau hijau yaps benar sekali itu adalah sirih. Jadi daun sirih yang ditumbuk tentu berguna bagi kesehatan kulit kita. Tepatnya sari daun yang ditumbuk.

Caranya seperti ini:

  • Tumbuk daun sirih sampai agak lembut, campur dengan sedikit madu
  • Oleskan pada kulit yang terluka, tunggu beberapa menit lalu bersihkan

2. Mengobati gatal gatal pada kulit

Ternyata manfaat daun sirih  juga berguna untuk mengatasi gatal pada kulit yang disebabkan karena alergi, eksim atau terkena serangga, dengan cara yang sama ditumbuk juga.

Caranya:

  • Tumbuk beberapa lembar daun sirih
  • Oleskan pada kulit yang mengalami gatal, ulangi secara teratur

3.  Mengatasi jerawat

Jangan lupa juga daun sirih juga berguna buat mengobati jerawat membandel. Jadi buat kakak yang bangun bangun lalu ngaca dan histeris karena tiba tiba ada jerawat muncul diwajah kakak yang mulus itu sudah olesin saja tumbukan daun sirih lalu diemin sejam.

Caranya:

  • Tumbuk beberapa lembar daun sirih
  • Oleskan tumbukan daun sirih tadi pada wajah yang terdapat jerawat
  • Tunggu sejam kemudian bilas dengan air hangat lalu bilas lagi dengan menggunakan air dingin

Lakukan tips diatas secara rutin dijamin jerawat akan kempes lalu hilang dalam beberapa hari.

4. Menghilangkan bau badan

Dan juga buat kakak yang suka makan bawang nih, atau terlalu sering olahraga sehingga bau badannya nggak enak daun sirih juga berguna loh buat ngobatin bau ketek! Kan ew gitu kalo cowok sudah keren keren macho eh pas didekati malah bau ketek bikin ilfeel banget, sama ini kasusnya buat yang mbak mbak sudah keren, full make up, rambut uda perfect, kulit putih mulus tak bernoda eh tau taunya bau ketek, duh ilfeel langsung para cowok! Ayoo diolesin sirihnya biar bau badan berkurang.

Caranya:

  • Tumbuk beberapa lembar daun sirih sampai halus
  • Oleskan pada ketiak setelah mandi secara teratur

5. Manfaat daun sirih untuk mengatasi keputihan

Zat anti bakteri pada daun sirih sangat berguna untuk mengatasi kuman penyebab keputihan.
Caranya:
  • Rebus beberapa lembar daun sirih sampai mendidih
  • Minum air rebusan tersebut secara teratur atau bisa juga digunakan untuk membersihkan area V saat air masih hangat

6. Mengatasi sariawan

Cara I:

  • Ambil beberapa lembar daun sirih
  • Kunyah kunyah daun sirih sampai lembut dan biarkan didalam mulut untuk beberapa saat
  • Kumur kumur dengan air sampai bersih
Cara II:
  • Ambil beberapa lembar daun sirih
  • Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih
  • Sisakan air rebusan tinggal 1 gelas, tunggu hingga hangat hangat kuku lalu gunakan untuk berkumur kumur secara teratur. Bisa juga digunakan dengan cara diminum

7. Mengatasi gusi bengkak

Caranya:

  • Ambil beberapa lembar daun sirih, kemudian kunyah hingga lembut
  • Kumur kumur dengan air hangat, ulangi secara teratur sampai sakit gigi dan gusi yang membengkak sembuh
8. Melancarkan haid yang tidak teratur
Caranya:
  • Rebus daun sirih kemudian minum rebusan air sirih tersebut secara teratur
9. Menghentkan mimisan
Caranya:
  • Gunakan daun sirh untuk menyumbat hidung yang mimisan. Hindari menengadahkan kepala keatas, posisikan kepala menunduk ke bawah

10. Mencegah keriput

Caranya:

  • Rebus daun sirih sampai mendidih kemudian tunggu hingga dingin, gunakan untuk membasuh wajah secara teratur
11. Mengobati sakit mata
Caranya:
  • Rebus 1 lembar daun sirih dengan 1/2 gelas air
  • Gunakan untuk membasuh mata
12. Mengobati asma

Nah buat yang plaing terakhir, kita tahu sendiri bahwa asma bukanlah penyakit yang akan sembuh dengan sendirinya. Kita harus mengatur jantung kita agar menjadi lebih sehat, dengan berenang dan menghindari asap berbahaya seperti rokok. Nah minum rebusan air sirih dapat membantu kita dalam menyembukan penyakit asma yang satu ini.

Caranya:

  • Rebus daun sirih hijau 4 lembar engan 1 gelas air
  • Sisakan air rebusan tinggal setengah gelas, minum secara teratur

Itu lah beberapa penyakit yang dapat kita sembuhkan dengan mengambil ,anfaat daun sirih dengan cara  diminum atau pun olesan (tumbukan) daun sirih. Deket dengan kita tetakadang kita nggak sadar kan apa saja kemampuan tumbuhan yang berada disekitar kita. Tapi yang dibahas diatas itu adalah sirih hijau dan merah saja, karena sirih ada 3 macam. Jadi yuk kita perhatikan tanaman herbal Indonesia.

Baca juga:

Beberapa Tahapan Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel Dengan Mudah

Seni kerajinan tangan memang tidak ada habisnya, dimana pengembangannya memang sering kali menggunakan daya imaginasi pengrajin itu sendiri. Salah satunya dengan menggunakan bahan kain flanel, bahan ini lebih banyak dipilih karena strukturnya yang halus dan mudah dikreasikan menjadi beberapa barang bermanfaat, seperti gantungan kunci, tas kecil hingga beberapa perabotan rumah tangga. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat gantungan kunci dari kain flanel, sebenarnya ini seni kerajinan tangan yang sangat mudah dan bisa dikembangkan oleh siapapun dengan kreasi mereka sendiri.

Tahapan bagaimana cara membuat gantungan kunci dari kain flanel

Mengisi waktu luang dengan hal yang bermanfaat memang lebih baik dari pada hanya tiduran saja, anda bisa mencoba cara membuat gantungan kunci dari kain flanel. Dimana cara pembuatannya sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak pengalaman, bahkan sangat cocok untuk pemula yang baru ingin mencoba.

1. Persiapkan bahan

Langkah pertama anda harus mempersiapkan bahan, ini bisa anda dapatkan di toko kerajian maupun toko aksesories, karena sekarang kain flanel sudah dijual dalam jumlah kecil.  Apa saja bahan dalam pembuatan gantungan kunci dari kain flanel?

Berikut ini beberapa bahan yang anda harus persiapan terlebih dahulu :

– Kain flanel aneka warna, buat dalam tiga bentuk yaitu segi tiga, bulatan dan juga segi empat, ukuran bisa anda sesuaikan dengan keinginan.

Gantungan kunci.

  • Benang dan jarum, ini digunakan untuk menjahit nantinya.
  • Renda, warna bisa sesuaikan dengan keinginan.
  • Lem tembak ( usahakan lem cairan berwarna bening agar tidak terlihat rekatannya ) dan gunting.
  • Dakron ( sebagai isian dari gantungan kunci ).

2. Proses perakitan

Langkah selanjutnya cara pembuatan gantungan kunci dari kanin flanel yaitu perakitannya, ini menjadi bagian yang paling penting dan akan menentukan hasilnya. Kali ini kita akan membuat gantungan kunci berbentuk bulat dengan disertai dengan pita di atasnya, pertama kita akan membuat bulatan terlebih dahulu.

Berikut langkah langkah pembuatannnya :

  • Ambil potongan kain flanel yang berbentuk segi tiga, jahit dengan tusukan peston hingga membuat bentuk kerucut, setelah itu jahir pada bagian bawah dengan bagian bulatan.
     
  • Jangan tutup secara sempurna dahulu, karena ini akan diberikan isian dakron pada rongganya. Ini akan membentuk bulatan sempurna dan akan terlihat lebih menarik.
  • Berikan isian dakron sesuai dengan keinginan, disarankan memberikan isian secara penuh agar terbentuk bulatan sempurna, kemudian jahit agar bisa terlihat bentuk bulatannya.
  • Untuk kain flanel yang berbentuk segi empat, pilih dengan warna yang berbeda karena akan digunakan sebagai pita. Cara pembuatannya juga cukup mudah, dengan cara mengikatkan tali yang berbeda pada bagian tengah, maka akan terbentuk pita dengan sendirinya, agar lebih menarik berikan renda pada pinggirannya.
  • Langkah selanjutnya adalah menyatukan bulatan dengan pita, caranya dengan menggunakan lem tembak, usahakan agar menempelkan lem dengan baik agar rekatan bisa tersembunyi.
  • Sebagai hiasan gunakan renda agar terlihat lebih cantik, pemilihan warna dan peletakkan bisa sesuai dengan selera pembuatnya.
  • Pasangkan gantunga kunci pada bagian belakang dan sudah bisa digunakan, gantungan kunci kreasi sendiri pasti tidak akan ada yang menyamai bukan.

Tidak terlalu sulit untuk menemukan bahan dan mengikuti setiap tahapan cara membuat gantungan kunci dari kain flanel bukan, ini bisa jadi salah satu alternatif kegiatan di saat liburan atau mengajarkan pada buah hati saat di akhir pekan. Bahkan bisnis gantungan kunci dengan kain flanel bisa mendatangkan keuntungan yang cukup bagus sehingga di lirik banyak minat produsen untuk mengembangkan bisnis ini.

Baca:

Ide Cara Membuar Bisnis Online Berbayar atau Gratis Untuk Pemula

Selamat mencoba

Cara Membuat Group di Facebook Untuk Pemula

Pengen buat grub di facebook tapi bingung cara membuatnya? Jangan khawatir, sobat masuk di area yang tepat. Disini nanti kita akan bahas bagaimana cara membuat grup di facebook ini.

Grub di facebook bisa kita manfaatkan untuk berbagai kepentingan. Untuk sobat yang suka berbagi informasi, dapat membuat grup yang bertujuan untuk berbagi info. Kalau sobat suka berjualan, grub di facebook ini juga bisa sobat manfaatka untuk berjualan online.

Cara Membuat Grub di Facebook untuk Para Pemula

Pertama tama yang harus kita lakukan sebelum membuat group adalah memiliki akun facebook, ya iyalah ini syarat mutlak =D
Oke berikut ini step step tentang bagaimana cara membuat group di facebook.
Caranya:
1. Pertama login dulu ke akun facebook sobat
2. Masuk ke halaman beranda atau home
3. Setelah itu dipojok sisi kanan pilih lihat menu group
4. Pilih + group baru, seperti yang tampak pada gambar berikut
cara membuat group di facebook
5. Setelah menekan tombol buat group, sobat akan dibawa ke halaman seperti ini
Keterangan:
– Pada angka 1 masukkan nama group yang ingin sobat buat
– Pada angka 2, sobat dapat mengundang semua sahabat sobat di fb untuk dimasukkan kedalam anggota group
– Untuk opsi ke 3 sobat dapat memilih untuk menentukan privasi jenis mana yang akan sobat pakai untuk group baru sobat
– Setelah selesai, sobat tinggal klik buat akun, setelah itu akan muncul pilihan untuk icon group sobat
6. T^erakhir pilih ok, setelah klik ok, group sobat sudah jadi. Untuk pengaturan semua sudah tersedia di FB. Tinggal dipilih
Nah itu tadi tekhnik cara membuat group di facebook bagi pemula. Semoga info persembahan www.rubrikita.com diatas bermanfaat.
Jangan lupa di share ya.

Ide Cara Membuar Bisnis Online Berbayar atau Gratis Untuk Pemula

Peluang bisnis selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, begitu pula di tahun 2016. Bisnis berbasis teknologi canggih seperti bisnis online masih memiliki prospek cerah pada tahun ini.  Berbagai ide cara membuat bisnis online berikut bisa Anda pertimbangkan untuk memilih jenis bisnis online mana yang akan anda geluti. Untuk melakukan bisnis online, kita dapat memilih bisnis online yang berbayar atau tidak berbayar.

Dengan semakin meluasnya jaringan internet di berbagai pelosok daerah, peluang bisnis online masih menjadi primadona. Bisnis online dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun Anda berada. Selain itu, bisnis online juga dapat dimulai dengan modal yang kecil. Hanya dengan sambungan internet, Anda sudah dapat memulai bisnis Anda. Apa saja bisnis online yang dapat Anda jalankan di tahun ini?
Berikut ini beberapa ide membuat bisnis online di tahun 2016 yang sangat menjanjikan untuk dijalankan:

Ide Cara Membuat Bisnis Online

Menjual produk secara online di website sendiri

Dengan berjualan secara online, prosesnya bisa dilakukan darimana pun selama ada sambungan internet. Beberapa platform berikut dapat Anda gunakan menjalankan bisnis Anda:

  • Shopify – mulai dari $14 per bulan, lebih mudah dan fitur lengkap.
  • WebPraktis – mulai dari Rp 680 ribu per tahun.
  • Jarvis Store – gratis untuk 20 produk!
  • BBM – sudah banyak toko online yang bisa berjualan hanya dengan memanfaatkan aplikasi chatting ini.
  • Instagram – karena merupakan social media berbasis gambar, bisa digunakan untuk berjualan online.
  • WordPress + WooCommerce – sekitar $40 per tahun untuk domain & hosting.

Jarvis Store

Jarvis Store atau WebPraktis adalah jasa pembuatan website yang memudahkan Anda  menjalankan bisnis ini.  Dengan jasa tersebut, Anda tidak perlu membuat website sendiri, Anda hanya fokus mengatur isi konten website Anda.

Bagi Anda yang belum mempunyai produk sendiri, penentukan  produk apa yang ingin dijual dan menemukan supplier utama dari produk tersebut adalah langkah awal yang dapat Anda lakukan untuk memulai bisnis ini.

Berjualan produk di pasar online

Pasar online adalah salah satu sarana yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan bisnis Anda. Dengan berjualan di pasar online, Anda tidak mengeluarkan modal yang besar. Anda bisa memanfaatkan produk dari toko lain untuk dijual dengan sistem dropship. Berikut ini beberapa situs pasar online yang dapat Anda manfaatkan:

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Kaskus FJB
  • OLX
  • eBay (internasional)


Berjualan dengan sistem dropshipping atau reseller

Dropshipping adalah anda, website/blog yang menjadi perantara antara toko online dengan konsumen. Anda dapat berjualan tanpa memiliki stok. Saat pembeli melakukan order pada produk Anda, kemudian Anda mengajukan order tersebut pada pihak ke tiga. Proses pengiriman barang dilakukan pihak ke tiga atas nama Anda. Dengan sistem ini, bisnis Anda dapat dijalankan dengan modal sedikit bahkan tanpa modal sedikitpun.

Menjadi publisher iklan

Menjadi publisher iklan adalah peluang bisnis bagi Anda yang mempunyai hobi suka menulis dan berbagi pengetahuan. Dalam menjalankan bisnis ini, langkah-langkah yang Anda lakukan adalah:

  1. Membuat website. 
  2. Membuat konten yang menarik dan  berkualitas.
  3. Menampilkan konten pada website.
  4. Menampilkan kode iklan pada website.
  5. Iklan muncul secara otomatis. 
  6. Pengunjung melakukan klik pada iklan tersebut. 
  7. Anda mendapatkan komisi. 
  8. Konten yang menarik dan  berkualitas  mendorong banyak orang mengunjungi website Anda. 

Semakin banyak orang mengunjungi website Anda, semakin banyak peluang pengunjung melakukan klik pada iklan yang Anda tampilkan. Komisi Andapun semakin besar.

Untuk membuat website, anda bisa memilih menggunakan website gratisan seperti blogspot yang sudah disediakan oleh google. Atau memilih website berbayar yang nantinya akan tertulis  nama anda.com. Misalnya contoh saja website ini rubrikita.com

Mendapatkan komisi dari penjualan produk affiliate

Model  bisnis ini dikenal dengan istilah affliate marketing. Bisnis ini dijalankan dengan melakukan promosi/rekomendasi produk milik orang lain. Ketika ada pembeli tertarik dan membeli produk tersebut, atas rekomendasi Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi.
Perbedaan model bisnis ini dengan dropshipping adalah Anda hanya mempromosikan produk. Pembeli akan langsung berhubungan dengan penjual. Sama sengan menjadi publisher iklan, Anda juga harus memiliki website untuk menjalankan bisnis ini.

Berjualan E-book

Buku Elektronik atau yang biasa di sebut dengan E-book adalah  buku digital yang bisa di buka melalui komputer, laptop dan smartphone dengan format pdf. Apabila  Anda  memiliki minat menulis dan berbagi pengetahun, tulisan Anda dapat dituangkan dalam sebuah E-book yang dapat dijual secara online. Menjual  E-book dapat di lakukan dengan mudah, setelah pembeli melakukan order dan uang sudah ditransfer, Anda bisa mengirim E-book ke pembeli melalui email. Hal tersebut jauh lebih mudah dan praktis tanpa ada biaya pengiriman.

Masih ragu untuk melakukan bisnis online? Bagaimana kalau bisnis makanan? Bisnis makanan memang tidak ada matinya. Berikut ini beberapa jenis makanan yang sering dijajakan. Sebelum memulai bisnisnya, tidak ada salahnya kan mencoba membuat makanannya terlebih dahulu.

Baca:

1. Cara Membuat Jamur Crispy Renyah dan Enak


2.  Cara Praktis Membuat Chicken Nugget Lezat di Rumah

Demikian informasi mengenai ide cara membuat bisnis online di tahun 2016 yang sangat menjanjikan untuk dijalankan. Semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda dalam memulai bisnis di tahun ini.  Salam sukses

Kreasi Cara Membuat Nasi Kuning Gurih dan Lezat

Nasi kuning adalah salah satu makanan tradisional Pulau Jawa. Saat ini nasi kuning sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Nasi kuning sangat cocok disajikan untuk menemani sarapan pagi Anda. Selain disajikan saat sarapan pagi, nasi kuning juga dapat disajikan saat acara syukuran seperti acara ulang tahun anak. Kandungan gizi pada olahan nasi kuning memiliki energi yang cukup banyak yaitu sekitar 971 kj dan 232 kkal. Dengan mengkonsumsi nasi kuning Anda akan memiliki energi yang cukup banyak. Nasi kuning juga memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 28 gram dan protein sebanyak 3 gram. Olahan nasi kuning juga tidak memiliki kandungan kolesterol sehingga sangat aman dikonsumsi.

Sebagai salah satu variasi menu selain nasi putih, nasi kuning memiliki ciri khas yaitu warna kuning dan rasa kunyit yang menonjol. Nasi kuning memiliki rasa yang hampir sama dengan nasi putih, perbedaannya adalah pada proses memasaknya. Terbuat dari beras putih yang berkualitas, nasi kuning dimasak dengan berbagai bumbu dari bahan alami. Dengan disiram air kunyit, beras berubah warna dari putih menjadi kuning. Proses pembuatan nasi kuning dengan dikukus, akan menghasilkan tekstur nasi yang pulen dan empuk.

Cara Membuat Nasi Kuning Sederhana

Membuat nasi kuning sangat mudah, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah Anda dapatkan di pasar atau supermarket terdekat dari rumah Anda. Apa saja bahan-bahannya dan bagaimana proses pembuatan nasi kuning? Yuk kita simak cara membuat nasi kuning yang enak dan gurih berikut ini:

Bahan-bahan yang digunakan:

  • 2 batang serai memarkan.
  • 2 lembar daun salam.
  • 3 lembar daun jeruk purut.
  • 2 sendok makan air kunyit (air kunyit terbuat dari 1 sendok makan kunyit parut, setelah itu larutkan kunyit parut dengan 2 sendok makan air hangat, lalu saring).
  • 1 sendok makan air jeruk nipis.
  • 1 kg beras pulen (berkualitas baik)
  • 1.5 liter santan (berasal dari 1,5 butir kelapa parut).
  • 2 lembar daun padan.
  • 1 sendok teh garam.

Cara membuat:

Tahap pertama yang Anda lakukan adalah mencuci beras pulen hingga bersih, lalu tiriskan. Setelah itu, kukus beras yang sudah dicucih bersih dalam dandang panas selama 30 menit. Lalu angkat, tiriskan dan letakkan beras yang sudah dikukus ke dalam panci. Tahap berikutnya adalah merebus santan, serai, daun salam, air kunyit, daun buah jeruk, pandan dan garam hingga mendidih. Setelah mendidih, lalu angkat.

Tahap ketiga adalah menuangkan rebusan santan ke dalam panci yang mengandung beras, tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis lalu aduk hingga merata. Tahap akhir adalah kukus campuran rebusan santan dan beras ke dalam dandang panas selama 30 menit hingga matang. Angkat dan sajikan dengan lauk pelengkap.

Dalam penyajiannya, Anda dapat melengkapi nasi kuning dengan aneka lauk sesuai dengan selera Anda. Aneka lauk seperti tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, sambal, lele goreng, abon dan sambal kering kentang biasanya menemani nasi kuning saat disajikan. Ditambah lalapan dan sambal, sajian nasi kuning semakin menggugah selera.

Selain lauk yang digoreng, olahan lauk yang dibakar juga dapat Anda pilih. Dengan perpaduan nasi kuning dan aneka lauk, kandungan gizi yang dihasilkan bagi tubuh kita menjadi maksimal. Anda tertarik mencoba resep ini?  Silahkan mencoba dan rasakan sensasi nasi kuning yang gurih dan lezat buatan Anda. Selamat berkreasi.

Kreasi Cara Membuat Mie Ayam Pangsit di Rumah

Mie ayam sangat terkenal di Indonesia. Banyak pedagang keliling, warung dan restaurant yang menyajikan mie ayam sebagai menu andalannya. Mie ayam sangat mudah dijumpai dimanapun kita berada. Ada banyak variasi mie ayam yang terkenal dengan rasanya yang enak dan gurih. Salah satunya adalah mie ayam pangsit. Dipadukan dengan pangsit basah atau kering membuat rasa mie ayam menjadi lebih lezat. Harga yang cukup terjangkau membuat peminat mie ayam pangsit sangat banyak. Tidak heran jika banyak orang lebih senang langsung membeli daripada membuatnya sendiri di rumah.
Namun bagi Anda yang punya minat dan semangat bereksperimen, pasti Anda ingin membuat sendiri mie ayam pangsit.  Bagi Anda yang punya minat dan semangat berkreasi, kami akan menyajikan cara membuat mie ayam pangsit rumahan yang spesial.

Cara Membuat Mie Ayam Pangsit

Langsung saja yuk kita coba resep berikut ini:

Bahan Dasar Mie Ayam Pangsit

  • 1 kg mie ayam (mie khusus mie ayam bisa dibeli di pasar atau super market).
  • Air untuk merebus mie secukupnya.
  • Kulit pangsit di goreng.
Bahan Kuah Mie Ayam Pangsit

  • 1 kg daging ayam (dicincang)
  • 3 liter air.
  • 2 sdm garam.
  • 1/4 sdt penyedap rasa.
  • 1/4 sdt merica bubuk.
Bahan Minyak Ayam
  • 500 gr kulit ayam.             
  • 1 siung bawang putih memarkan.

Bahan Lauk Ayam Pangsit

  • 600 ml air.
  • 1/2 Kg daging ayam di rebus lalu di cincang kotak atau sesuai selera.
  • 10 siung bawang putih, dicincang.1 sdm kecap ikan.
  • 3 sdm minyak goreng untuk tumis bumbu.
  • 4 sdt kecap manis.
  • 1 sdm kecap asin.
  • 1/2 sdt gara.
  • 1/2 sdt gula pasir.
  • 1/4 sdt penyedap rasa.
  • 1 sdt merica bubuk.
Bahan Pelengkap Mie Pangsit
  • 2 batang daun bawang potong tipis.
  • 200 gram caisin cincang lalu seduh.
  • 100 gram tongca.

Cara Membuat Lauk Mie Ayam
– Langkah pertama yaitu panaskan minyak goreng hingga siap untuk menumis

– Setelah itu, tumis bawang putih hingga harum aromanya

– Selanjutnya adalah memasukkan ayam, aduk hingga rata

– Saat ayam sudah agak matang lalu masukkan kecap manis, kecap asin, kecap ikan, gula, penyedap rasa, merica dan garam

– Aduk hingga rata dan tambahkan air, aduk kembali sampai tampak kental, lalu angkat dan tiriskan.

Cara Membuat Minyak Ayam
– Langkah pertama yaitu menumis bawang putih beserta kulit ayam

– Sebaiknya di tumis pada teflon atau wajan yang tidak lengket hingga mengeluarkan minyak.

– Terakhir angkat minyak ayam dari kompor dan tiriskan.

Cara Membuat Kuah Mie Pangsit

– Rebus tetelan rusuk ayam/ tetelan daging lalu masukkan garam, penyedap rasa, dan merica bubuk.
Cara Memasak Mie
Memasak mie untuk mie ayam pangsit sangat mudah, anda hanya perlu memasak pada air mendidih hingga mie benar-benar masak.
Cara Penyajian Mie Ayam Pangsit
Siapkan mangkuk dan beri masing-masing mangkok dengan satu sdm minyak ayam. Beri kecap asin secukupnya aduk rata. Masukkan mie yang sudah dimasak,beri lauk dan siram dengan kuah. Sajikan selagi hangat dengan pangsit goreng dan bahan pelengkap.
Selamat mencoba