Cara Tercepat Memutihkan Selangkangan

By | Februari 8, 2015

Cara memutihkan selangkangan. Bagi wanita tampil cantik merupakan hal yang suatu kebutuhan. Untuk mendapatkannya banyak cara yang dilakukan oleh wanita, berbagai macam perawatan tubuh pun dilakukan. Namun kebanyakan wanita hanya memperhatikan penampilan luarnya saja yang bisa dilihat oleh orang. Tanpa mereka sadari perawatan tubuh yang tidak terlihat dari luar pun perlu diperhatikan.

Tidak enak kan jika wajah cantik, kulit putih bersih tapi ternyata daerah – daerah yang tersembunyi seperti selangkangan berwarna hitam? Walaupun tersembunyi dan tidak dilihat oleh orang lain sebaiknya daerah ini juga dirawat. Bukan demi kecantikan tubuh saja, namun juga untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya.

cara memutihkan selangkangan

Penyebab Selangkangan Hitam

Kulit yang berada di daerah lipatan tubuh memang sering tampak berwarna hitam, seperti di ketiak, kulit siku, kulit lutut, dan selangkangan. Ada banyak hal yang menyebabkan area kulit di lipatan tubuh berwarna hitam, diantaranya karena:

Sering terkena gesekan

Hal ini sering terjadi di selangkangan karena seringnya penggunaan celana yang ketat.

Akibat proses pencukuran

Pencukuran rambut yang dilakukan di area kemaluan, termasuk di area pangkal paha menggunakan pisau cukur menyebabkan kulit selangkangan menghitam. Karena kulit tersebut sensitif maka hendaknya kamu berhati – hati dalam mencukur area ini.

Kondisi yang lembab

Kondisi area selangkangan yang lembab menyebabkan penghitaman kulit. Kondisi yang lembab tersebut akan memicu rasa gatal di kulit, apabila rasa gatal tersebut digaruk atau digosok – gosok akan menimbulkan iritasi dan menyebabkan selangkangan menjadi gelap.

Karena jamur

Adanya jamur yang terdapat di sekitar kulit selangkangan akibat kurang menjaga kebersihan dan area selangkangan yang dibiarkan basah. Jamur ini menyebabkan rasa gatal yang apabila digaruk akan menimbulkan noda hitam.

Karena kegemukan

Seorang yang menderita obesitas dengan paha yang besar akan menyebabkan sering terjadinya gesekan pada kulit paha sehingga mengakibatkan selangkangan menghitam.

Karena kencing manis

Adanya resistensi insulin pada lipatan paha akan menyebabkan warna daerah tersebut menjadi lebih gelap.

Pengaruh hormonal

Pengaruh hormonal dapat mempengaruhi warna di lipatan paha, misalnya terjadi gangguan hormonal seperti gangguan kelenjar tiroid. Namun hal ini jarang terjadi.

Pengaruh usia

Seiring bertambahnya usia pigmen tumbuh menjadi bertambah. Tidak terkecuali pada pigmen di daerah selangkangan.

Akibat Hiperpigmentasi Post Inflamasi (HPI)

Hiperpigmentasi Post Inflamasi merupakan kondisi kelainan pigmen kulit yang disebabkan oleh peradangan akut maupun kronik. Pigmen menjadi meningkat sehingga menyebabkan daerah selangkangan berubah warna.

Cara Tradisional Memutihkan Selangkangan

Beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan selangkangan secara alami antara lain:

 Menggunakan mentimun

Mentimun biasa digunakan wanita sebagai masker wajah. Namun selain untuk wajah, buah yang banyak mengandung antioksidan ini juga dapat digunakan untuk memutihkan selangkangan.

Caranya adalah :

  • Parut mentimun, lalu usapkan parutan di kulit selangkangan.
  • Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air.
  • Lakukan hal ini 3 kali seminggu.

Menggunakan jeruk nipis dan kapur sirih

Siapa yang tidak mengetahui manfaat jeruk nipis? Banyak wanita yang pasti mengetahui manfaat jeruk nipis sebagai pencerah wajah yang alami. Jeruk nipis ini juga ampuh untuk memutihkan kulit selangkangan. Bagaimana caranya?

Caranya:

  • Campurkan air jeruk nipis dengan kapur sirih secukupnya.
  • Oleskan di area kulit selangkangan kamu.
  • Lakukan setiap kali selesai mandi.
  • Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan.

Menggunakan minyak kelapa asli dan kulit jeruk

Jika kamu mempunyai usai memakan jeruk, sebaiknya kulitnya jangan dibuang. Manfaatkan sebagai pemutih kulit selangkangan kamu yang menghitam. Namun kamu juga harus menyediakan minyak kelapa asli (bukan yang digunakan untuk menggoreng).

Caranya adalah:

  • Teskan minyak kelapa pada kulit jeruk.
  • Kemudian digosokkan pada kulit selangkangan.
  • Diamkan selama 10 menit. lakukan secara teratur 2 kali seminggu.

Menggunakan bubuk kunyit, yoghurt, dan jeruk nipis

Daripada membeli krim pemutih yang belum terjamin keamanannya untuk daerah sensitif kamu, kamu bisa membuat krim pemutih sendiri di rumah.

Caranya:

  • Sediakan bubuk kunyit, yoghurt dan jeruk nipis.
  • Campurkan ketiga bahan tersebut hingga menjadi pasta seperti krim yang biasa dijual di pasaran.
  • Setelah menjadi pasta, oleskan ke kuit selangkangan.

Selain sebagai pemutih, krim pasta ini juga berfungsi sebagai antiseptik alami.

Menggunakan lemon 

cara memutihkan selangkangan

Lemon ini mempunyai kadar antioksidan tinggi yang biasanya digunakan sebagai masker wajah.

Caranya :

  • Oleskan potongan lemon pada kulit selangkangan.
  • Lakukan secara lembut karena kulit selangkangan gampang mengalami iritasi.
  • Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air.
  • Lakukan hal ini secara rutin.

Lemon ini juga bisa di gunakan untuk mencerahkan wajah secara alami, baca saja caranya di pemutih wajah alami dari bahan tradisional.

Menggunakan tawas

Tawas didapatkan dari alumina yang direaksikan dengan kalium sulfat. Tawas mempunyai berbagai macam manfaat. Selain digunakan sebagai perontok bulu, tawas bisa dimanfaatkan sebagai pemutih kulit, seperti kulit area selangkangan.

Caranya adalah :

  • Rendam tawas dengan air hangat dan biarkan tawas larut dalam air.
  • Setelah larut, oleskan air tawas pada area selangkangan kamu yang menghitam dengan menggunakan handuk lembut.
  • Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tawas ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan burket yang seringkali menyebabkan bau badan. Temukan caranya di cara menghilangkan burket secara alami dan mudah.

Mencegah Selangkangan Menghitam

Bergembiralah bagi kamu yang mempunyai selangkangan yang putih dan bersih. Tapi dengan mempunyai selangkangan yang putih bukan berarti kulit selangkangan kamu terhindar dari penghitaman. Seperti yang telah dijelaskan pada ulasan di atas, ada banyak hal yang membuat selangkangan menjadi hitam. Untuk itu kamu harus mengetahui bagaimana mencegah kulit selangkangan menghitam. Berikut tips yang bisa dibagikan:

  • Hindari menggunakan celana dan celana dalam yang terlalu ketat. Gesekan akibat penggunaan pakaian dalam yang katat menimbulkan iritasi pada kulit selangkangan. Hindari juga menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan nilon dan spandek. Sebaiknya gunakan pakaian yang terbuat dari bahan katun dan linen.
  • Jaga kelembapan selangkangan, jangan biarkan area selangkangan basah terlalu lama atau menjadi lembab. Setelah selesai mandi pastikan agar lipatan paha kering.
  • Sebisa mungkin hindari pemakaian krim pemutih. Sekarang banyak dijual krim pemutih yang diperuntukkan memutihkan kulit selangkangan. Jika kamu ingin mencoba memakai krim pemutih pastikan dahulu bahwa produk tersebut aman dan sudah mendapatkan izin resmi yang asli. Selain itu, sebelum mencobanya di lipatan paha, sebaiknya lakukan uji alergi terlebih dahulu terhadap krim tersebut, mengingat area lipatan paha merupakan kulit yang sensitif.

Itu tadi beberapa tips cara memutihkan selangkangan yang menghitam karena berbagai penyebab. Selamat mencoba.

Beberapa info yang wajib kamu baca:

1. 20 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami dan Mudah

 
 
Jangan lupa di share ya, kalau dirasa bermanfaat.

10 thoughts on “Cara Tercepat Memutihkan Selangkangan

  1. Anonim

    Aku sih lebih percaya perawatan memutihkan area Miss V di ZAP Clinic, aman dan harganya terjangkau, hasilnya memuaskan!

    Reply
  2. Anonim

    Hai mau nanya dong, klo jeruk nipis hasilnya dpt kelihatan brapa lama ya?

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *