Cara Mengobati Herpes Cepat, Mudah dan Aman

Cara mengobati herpes. Herpes merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang di sebabkan oleh virus. Virus herpes ini menyerang saraf tepi,maka dari itu janganheran kalau rasanya sakit sekali. Selain menimbulkan sakit saat masih terdapat luka, rasa sakit juga masih akan tetap  di rasakan oleh penderita walaupun luka sudah kering dan sudah sembuh.

cara mengatasi herpes

Herpes merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mudah sekali untuk menular, jadi hati-hati dan jaga kontak fisik dengan penderita herpes. Herpes itu sendiri juga di bedakan menjadi beberapa macam.

Sesuai dengan penyebabnya yaitu

  • Herpes simplek yang ditandai dengan luka seperti melepuh dan berisi air.
  • Herpes zoster yang merupakan jenis herpes yang terjadi karena penyakit varisella yang kambuh lagi
  • Herpes genital yang berada di daerah alat kelamin, herpes labialis jika herpes terdapat pada bibir.

Cara Mengobati Herpes Dengan Obat

Herpes merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, maka dari itu antibiotik seperti amoxcilin, ampicillin dan sodara-sodaranya nggak akan mempan untuk meredakan herpes. Karena herpes merupakan penyakit yang di akibatkan oleh virus, obatnya pun yang harus untuk membunuh virus bukan antibiotik yang berguna untuk membunuh bakteri.

Ada beberapa tips yang bia kita lakukan sebagai cara mengobati herpes.

Seperti apa caranya, kita lihat yuk.

Beberapa jenis obat-obatan anti virus yang bisa digunakan untuk mengatasi herpes antara lein seperti asyclovir, valasiklovir, famsiklovir. Obat-obatan tersebut khusus untuk mengobatii segala jenis penyakit yang berasal dari virus.

Jadi jangan selalu berasumsi semua penyakit bisa sembuh dengan antibiotik. Karena terlalu banyak mengkonsumsi antibiotik justru akan sangat merugikan tubuh karena tubuh akan resisten dengan antibiotik tersebut.

Sama halnya dengan pilek, pilek atau flu merupakan suatu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, jadi pemberian antibiotik sebenarnya kurang begitu berarti untuk sakit pilek.

Cara mengobati herpes zoster

Jika luka terasa nyeri sekali, untuk mengurangi rasa nyerinya kita bisa memberikan obat penghilang hyeri ang tergolong pada obat NSAID atau non steroid anti inflamantory dissease.

Yang termasuk dalam obat ini antara lain :

  • Asam mefenamat 500mg, indometasin 25 mg,
  • ibuprofen 400mg

Semua obat tersebut dipilih salah satu untuk diminum sebanyak 3 kali per hari. Gunakan bedak kalamin atau phenol zinc lotion. Kamu juga bisa menggunakan obat asyclovir atau obat virus yang lain seperti famsiklovir atau valasiklovir.

Jika teradi sensasi rasa terbakar atau rasa nyeri pada bekas herpes yang sudah sembuh, Kamu bisa memberikan obat fenol 3-5% dalam bentuk krim atau salep selama 2-6 kali per hari. Amitriptilin 10-25 mg per hari setiap malam hari atau gabapentin 100-300 mg per hari.

Cara mengobati herpes simplek

  • Herpes labial atau bibir

Kumur dengan air yang telah dicampur dengan antiseptik seperti klorheksidin 3 – 4 kali per hari, tambahkan juga pemberian salep asiklovir sebanyak 5 kali dalam satu hari.

  • Herpes genital

Sudah pernah lihat PK? Bukan pemandu karaoke tapi permanganat kalium, itu tuh serbuk yang warnanya agak item terus kalo di kasih air nanti warnanya berubah jadi merah. PK itu tadi di larutkan dalam air kemudian di kasih betadin nah gunain tuh air tadi untuk berendam. Berendamnya nggak usah seluruh tubuh cukup area kelaminnya tadi bisa kleleb sama air atau istilah kerennya rendam duduk.

Tambahkan juga terapinya dengan minum asiklovir yang tablet, kalau masih basah kasih asiklovir yang 200 mg sebanyak 5 kali per hari (5 x 200 mg/hari) atau 400 mg x 3 kali per hari selama 7 hari. Untuk herpes yang kambuhan berikan dengan dosisi yang sama namun cukup 5 hari saja.

Itu tadi beberapa cara mengatasi herpes yang bener – bener saya dapat dari hasil kuliah mata pelajaran kulit yang di ampu oleh dosen seorang dokter spesialis kulit. haha sombong dikit yak.

Cara Mengobati Herpes Secara Alami

Selain melakukan cara diatas ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan jika Kamu terkena herpes ini.

Beberapa hal tersebut yaitu:

Jangan garuk area herpes

Herpes umumnya rasanya emang gatal pakai banget, tapi nget ya jangan sekali-kali menggaruk apalagi yang masih berbentuk gelembung. Karena kalau di garuk gelembungnya nanti akan pecah dan bisa menyebarkan virus herpes ke bagian kulit yang lain.

Jangan menggosok dengan handuk

Sama halnya seperti menggaruk, menggosok luka herpes dengan handuk juga akan menyebabkan gelembung menjadi pecah sehingga virus akan menyebar. Selembut apapun handuk yang digunakan jangan pernah menggosok kulit yang terkena herpes dengan handuk.

Menjaga pola makan

Bagi Kamu yang alergi terhadap beberapa jenis makanan, untuk sementara hindari dulu ya. Jangan dimakan sampai herpes benar – benar sudah sembuh. Tap tetap perhatikan menu gizi seimbang.

Gunakan dettol antiseptik

Ini bukan karena saya nyeponsorin atau ngiklanin dettol ya. Tapi karena pengalaman pribadi. Aneh sih, tapi sembuh. Pas adek saya kena herpes di usap usap pake kapas sama dettol yang antisepti. Dettolnya jangan dikasih air, tapi langsung diusap.

Rasanya jangan ditanya, panas, perih persis kaya terbakar. Tapi setelah 4 hari, herpesnya kering jadi sembuh.

 

Istirahat cukup

Usahakan untuk cukup istirahat, dengan stirahat yang cukup tubuh akan merasa segar kembali dan kita tentu akan terhindar dari stress. Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghindari stress, selengkapnya baca di cara mengatasi pikiran stress dengan mudah.

Itu tadi larangan dan cara mengobati herpes yang tepat. Selamat mencoba ya, semoga lekas sembuh. Bila sakit berlanjut hubungi dokter.

Oleh :

Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet


71 Komentar Pada “Cara Mengobati Herpes Cepat, Mudah dan Aman

  1. Anonim

    Ane share pengalaman ya.. ke dokter d ksh salep dan tablet valaciclovir.. berkurang dan hampir sembuh,eh tumbuh lagi.. lalu ke dokter lg d ksh salep dan aciclovir.. uda abis obat, masi ada tp uda agak kempes. Baca di web ini tentang dettol, ane coba mlm hari, eh besoknya ilang. Ane pake tiap mandi pagi dan mlm 4 hari. Herpes ilang tp kulit jg ngelupas.. ganti kulit gt. Skrg lg tunggu ilang semua kulit lama nya. Mudah2an beres habis ini. Kulup ane buka kalo malem biar cepet kering.

    Reply
  2. Ega Wati

    Kakak saya kena herpes itu udah sembuh trus kena lagi didaerah yg berbeda. Kemaren barusan kering kena lg tp skrg lbh parah banget di daerah muka sampe leher kebawah banyak banget, kasian saya liatnya sudah saya belikan asyclofir itu di apotik sama saya kasih bedak ga sembuh jg. Kedokter cm di berikan resep trus sembuh dan terulang sakit lagi , kira2 bagaimana solusi mengobatinya ya ? Bisa bantu

    Reply
  3. Ega Wati

    Kakak saya kena herpes berkali2 , udah sembuh dan kering misalnya tp nanti kalo imun nya turun langsung kena lg di daerah lain barusan 2 hr sembuh kena lg di muka dan leher banyak banget sudah diminumin obat asyclovir itu beli diapotik sm dikasih bedak tp ga sembuh selalu menyebar gt, gmn ya kak solusinya. Udah kedokter katanya ga bisa sembuh emang, kan kasian kalo terus2 an kambuh gtu.

    Reply
  4. SeaDwiK 4Ever LovE

    buat sharing ajah…
    aku juga sering kena herpes, sering kambuh2 gitu,, tapi setahun sekali, apalagi kalo lagi gak fit, jadi sekali terinfeksi herpes itu bakal sering kambuh, kayak penyakit flu.. kalo aku tak obatin pake salep Cina warna ijo.. namanya Pi Kang Shuang, salepnya murah, 10 ribuan, dan herpesku kering 4-5 hari.. kalo udah kering baru minum antibiotik kayak amoxcilin biar cepet kering. 😃

    Reply
  5. Mila Adi

    Bener bgt guys pakek dettol antiseptik emang topcer..
    Pengalamanku uda satu minggu mnum valavlovir n acyclovir an salep jga tak kunjung sembuh tp malah merabak herpesx..trs gue dongkol bgt,iseng aja aku kasih dettol cm sehari langsung kering herpesx n benjelon kecilx jga mati..tp krang akibatx kulit bibir jadi hitam ..ya tinggal sembuhin kulitx aja..alhamdulillah pakek dettol herpes uda kering

    Reply
  6. Mila Adi

    Bener bgt guys pakek dettol antiseptik emang topcer..
    Pengalamanku uda satu minggu mnum valavlovir n acyclovir an salep jga tak kunjung sembuh tp malah merabak herpesx..trs gue dongkol bgt,iseng aja aku kasih dettol cm sehari langsung kering herpesx n benjelon kecilx jga mati..tp krang akibatx kulit bibir jadi hitam ..ya tinggal sembuhin kulitx aja..alhamdulillah pakek dettol herpes uda kering

    Reply
  7. fedry fefeng

    pakai detol antiseptik alhamdulillah herpes saya sembuh ,setelah berobat kedokter gak sembuh-sembuh yg ada mlh menyebar

    Reply
  8. fedry fefeng

    pakai detol antiseptik alhamdulillah herpes saya sembuh ,setelah berobat kedokter gak sembuh-sembuh yg ada mlh menyebar

    Reply
  9. Richard Sidiq 95727

    Sama kaya ane gan , awal nya juga saya ga pernah sama sekali terkana itu tiba tiba pagi muka kering perih banget di bagian dagu dan saya langsung ke dokter di kasih obat anti virus 5x sehari Alhamdulillah saya cuma terkana 4 hari sembuh

    Reply
  10. Yuni Surbiah

    serius perih bangeeet pake detol tapi bismillah smoga smbuh hehe ��

    Reply
  11. Mohammad Sandro

    Apakah benar pakai detol antiseptik bisa nyembuhin, aman kan kalo di muka…

    Reply
  12. Reymond

    Klo pgn herpes cpt smbuh pake betadin cina die dao yau cing klo ga slh,manjur di tetes sesering mungkin itu ngebantu luka terutup,tp rasanya 4x lbih parah dr detol

    Reply
  13. DUDI PRASETYO

    terima kasih atas tipsnya dalam penanganan dan pengobatan penyakit herpes secara tradisional

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *