Tips dan Trik Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

By | Desember 13, 2014

Cara menjaga kesehatan mata. Mata merupakan jendela dunia yang berfungsi untuk mengidentifikasikan secara visual semua yang di dunia ini. Ia mempunyai  kemampuan mengenali lebih dari 2 juta kombinasi warna-warni. Penglihatan yang sehat merupakan hal yang sangat penting untuk kehidupan kita. Namun, sebagian besar dari kita sering kali mengabaikan kesehatan indra penglihatan kita ini. Terlebih buat kamu yang menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan dan menuntut untuk selalu berhadapan dengan layar PC atau komputer.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

cara menjaga kesehatan mata
Mengingat fungsi mata yang sangat besar, tentu setiap orang menginginkan mata yang sehat tanpa gangguan apapun. Namun bagaimana jika kita terlanjur mempunyai masalah pada mata kita. Misalnya saja belekan atau mata merah atau biasa di sebut konjuntivitis. Untuk mengetahui bagaimana cara menyembuhkan konjungtivitis ini bisa kamu baca di cara mengatasi sakit mata belekan secara alami.


Tips Menjaga Kesehatan Mata  didepan Komputer

Untuk mencegah efek negatif pada mata karena terlalu sering memnghadapi layar komputer, ada beberapa tips yang harus sobaat lakukan untuk menjaga kesehatan indra penglihatan kamu.

Pasang pelindung layar

Lapisan atau pelindung layar monitor komputer kamu selain membuat layar lebih awet karena terlindung dari debu dan goresan, juga berguna untuk mengurangi pancaaran radiasi yang muncul dari komputer kamu. Atur juga tingkat kecerahan komputer sampai mata terasa nyaman, jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap. Selain itu, kamu  juga perlu menjaga jarak antara mata kamu dengan layar komputer. Jarak yang disarankan minimal satu lengan tangan.

Seringlah berkedip

cara menjaga kesehatan mataSetelah memandangi komputer terlalu lama, sebagian besar dari kita akan melupakan rutinitas yang satu ini, yaitu mengedipkan mata. Walaupun terlihat sepele naamun aktivitas mengedipkan mata ini sering kali terlupakan. Mengedipkan mata sangat penting karena saat mata kita terlalu lama melihat layar monitor, lensa mata akan mengering. Saat kamu mengedipkan mata, otomatis akan memasahi permukaan mata. Jika perlu kamu bisa sejenak memejamkan mata sekitar 1 menit untuk merileksasikan mata kamu.

Melihat pemandangan jauh

Cara yang satu ini cukup mudah dan wajiib kamu lakukan. Yap, melihat pemandangan yang hijau dan berjarak sekitar 6 meter. Saat melihat pemandangan jauh, kamu akan melatih otot mata kamu agar mengendur dan tidak hanya terpaku pada pandangan jarak dekat yaitu layar komputer. Usahakan setiap satu jam sekali kamu mengalihkan perhatian kamu dari layar komputer ke pemandangan hijau yang ada  diluar selama minimal 60 detik atau 1 menit.

Pakai kaca mata anti radiasi

Tips yang satu ini munggkin sulit sekali dilakukan mengingat kaaca mata anti radiasi harganya sangat mahal. Kaca mata ini berfungsi untuk mencegah radiasi dari komputer ke mata.

Nah itu tadi beberapa tips menjaga mata sehat saat kamu berada di depan layar komputer terlalu lama. Tips iini tidak hanya belaki uuntuk kamu yang belum mengenakaan kaca mata, namun termasuk juga dengan kamu yang sudah memakai kaca mata. Jika kamu memakai kaca mata karena minus, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Yuk baca di cara mengatasi mata minus secara alami dan mudah.

Baca juga:

Cara Termudah Menghilangkan Mata Panda atau Kantung Mata

Cara Memanjangkan Bulu Mata dengan Alami dan Mudah

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *